Rabu, 14 April 2010

Proposal

Topik

Pengakuan pendapatan pada perusahaan

Judul

Analisis Pengakuan Pendapatan dengan Metode Persentase Penyelesaian pada PT.Pembanguna Jaya Ancol,Tbk.

Latar Belakang

Tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih jauh tertinggal dari negara berkembang lainnya. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998 adalah suatu bukti kurang baiknya perekonomian di Indonesia. Bukti tersebut dapat kita lihat dari berapa banyak perusahaan yang terlikuidasi dan tidak mampu bertahan dalam krisis ekonomi yang berkepanjangan. Walau begitu kenyataanya masih banyak perusahaan yang masih dapat bertahan sampai saat ini, bahkan dapat berkembang dengan pesat. Salah satunya ialah perusahaan properti.

Pada umumnya tujuan utama didirikan suatu perusahaan adalah untuk memperoleh profit yang semaksimal mungkin. Dan kemungkinan perolehan profit tersebut diharapkan dapat dicapai secara terus menerus, sehingga dapat bersaing dalam memperbesar pendapatan. Dengan pesatnya perkembangan perekonomian di Indonesia yang antara lain ditandai dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang bermunculan. Maka diperlukan suatu strategi untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

Di era globalisasi sekarang ini perusahaan properti telah menjadi bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Untuk itu pengamatan terhadap tingkat permintaan atas sektor properti sangatlah penting. Salah satu diantaranya adalah untuk kebutuhan tempat tinggal atau hanya sekedar berinvestasi. PT. Pembangunan Jaya Ancol sedang memfokuskan pada pengembangan lahan properti dengan mengadakan reklamasi pantai, yang telah dimulai sejak tahun 1985. Hal tersebut dikarenakan semakin meningkatnya frekuensi kedatangan para investor baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Tentunya investor-investor tersebut akan mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya perusahaan yang dipilih sebagai tempat untuk penanaman modal yang aman dan menguntungkan. Kebanyakan investor pasti akan memilih perusahaan yang sehat, yang dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Menghadapi situasi tersebut dibutuhkan manajemen pengelolaan pendapatan usaha yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat menjamin pencapaian target pendapatan maksimal. Dengan suatu penerapan pengakuan pendapatan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Pendapatan adalah aliran masuk kenaikan aktiva perusahaan lain atau pengurangan kewajiban akibat pengiriman atau produksi barang, pemberian jasa serta kegiatan-kegiatan lainnya yang merupakan operasi pokok perusahaan selama periode tertentu. Permasalahan utama dalam akuntansi untuk pendapatan adalah menentukan saat pengakuan pendapatan, pendapatan diakui bila besar kemungkinan manfaat ekonomi masa depan akan mengalir ke perusahaan dan manfaat ini dapat diukur dengan andal.

Pengakuan pendapatan merupakan masalah yang sulit dihadapi oleh profesi akuntansi. Meskipun akuntansi mempunyai pedoman umum untuk menetukan kapan pendapatan harus diakui.berawal dari kenyataan tersebut diatas, penulis mengangkat masalah tersebut kedalam penulisan ilmiah.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut , maka penulis mencoba merumuskan masalah yang akan dibahas dalam penulisan ilmiah ini, sebagai berikut :

  1. Apakah pencatatan pengakuan pendapatan PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk telah sesuai dengan Standar Akuntansi yang telah diterima umum ?
  2. Berapa pendapatan laba kotor yang dihasilkan PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk pada bidang properti dalam setiap periode ?

Batasan Masalah

Mengingat begitu banyaknya metode pengakuan pendapatan, maka pada penulisan ilmiah ini penulis membatasi pencatatan pengakuan pendapatan dengan menggunakan metode persentase penyelesaian. Pembahasan yang dilakukan penulis terhadap satu jenis bidang usaha yaitu bidang properti pada periode 2005-2007.

Tujuan penelitian

Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :

  1. Untuk mengetahui bagaimana pencatatan pengakuan pendapatan pada PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk .
  2. Untuk mengetahui berapa laba kotor yang dihasilkan PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk pada setiap periode.

Manfaat penelitian

  1. Manfaat Akademis

Sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan antara teori dan praktek yang di dapat selama masa perkuliahan dengan penerapan yang sebenarnya di perusahaan.

  1. Manfaat Praktis

Diharapkan hasil dari penulisan ilmiah ini berguna sebagai bahan perbandingan bagi perusahaan

Metodologi penelitian

Data atau Variabel

Dalam melakukan penelitian, data merupakan hal yang sangat penting karena penelitian membutuhkan data atau informasi yang akurat dan valid agar hasil penelitian dapat diakui kebenarannya.

Penulis menggunakan data primer dalam melakukan penelitian. Penulis melakukan penelitian langsung pada perusahaan yang bersangkutan, baik dengan pengamatan maupun wawancara guna untuk mendapatkan laporan keuangan,sejarah dan profil perusahaan.

Alat Analisis yang Digunakan

Metode analisis data yang di gunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah metode persentase penyelesaian yaitu metode yang mengakui pendapatan, biaya-biaya dan laba kotor dengan terlaksananya kemajuan kearah penyelesaian kontrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar