Rabu, 14 April 2010

Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis hukumnya sunah,namun bila kita kerjakan akan sangat terasa manfaatnya bagi diri kita, antara lain dapat mensucikan jiwa, pembersih hati, bahkan dalam ilmu kedokteran puasa senin kamis sangat dianjurkan.

Mengapa Rasullulah memilih hari senin dan kamis untuk berpuasa?? Karena pada hari senin Rasullulah di lahirkan,serta pada hari ini pula Al-Quran diturunkan kepada Rasullulah. Sedangkan pada hari kamis itu sendiri Rasullulah pernah berkata bahwa amal perbuatan kita akan diperiksa pada senin dan kamis, maka aku lebih suka di periksa saat aku sedang berpuasa.

“semua amal perbuatan manusia adalah untuk dirinya sendiri kecuali puasa. Karena sesungguhnya puasa itu adalah untukku dan akulah yang membalasnya”(Hadist Qudsi)

Puasa sunah memang memiliki tantangan tersendiri bagi yang ingin melakukannya, karena di kerjakan tidak pada bulannya, jadi godaan di sekitar akan sangat terasa lebih berat. Namun jika kita memiliki niat/ keinginan yang kuat untuk melakukannya,kita akan merasakan manfaatnya.

2 komentar:

  1. MAsya alloh..
    semopga kita bisa istiqomah

    ane ngikut share ya..

    BalasHapus
  2. Maaf tulisan di atas harap di koreksi, yakni pada bagian Hadits Qudsi, seharusnya disebutkan sumbernya hadits dari mana, dan seharusnya pada hadits qudsi diatas kata "untukku" itu mengacu kepada Allah SWT., jadi harus dengan huruf besar. Jadi seharusnya :
    “Semua amal perbuatan manusia adalah untuk dirinya sendiri kecuali puasa. Karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Akulah yang (akan) membalasnya” ...

    terima kasih,
    hamba Allah

    BalasHapus