Senin, 03 Mei 2010

Adab Berdoa Kepada Allah

Seorang hamba pasti pernah berdoa kepada Allah SWT, jika tidak pernah berdoa maka ia termasuk kedalam golongan orang-orang yang sombong. Namun bagaimanakah sikap kita dalam berdoa agar di dengar oleh Allah SWT?

Berdoa memiliki adabnya sendiri, allah berfirman” berdoalah kepadaku, niscaya kuijabah permohonanmu..” berdoa kepada Allah hari ini,bukan berarti doa kita akan di kabulkan pada hari ini pula. Nabi Zakariya yang adalah orang kepercayaan Allah di bumi ini, harus melalui watu selama 60 tahun lamanya lalu doanya dijawab oleh Allah. Beliau sangat menginginkan untuk dapat memiliki keturunan, dan setelah 60tahun lamanya beliau mendapatkan apa yang diinginkannya.

Namun kita terkadang sangat mudah berputus asa apabila doa yang kita panjatkan belu dipenuhi oleh Allah SWT. Padahal Allahlah yang maha tahu kapan waktu yang terbaik agar doanya dijawab, Allah pulalah yang maha tahu apakah doa yang kita panjatkan akan memberikan dampak baik atau buruk terhadap kita sendiri. Sebelum berdoa, sebaiknya kita memanjatkan puji-pujian kepada Allah, memelas mengharap terkabulnya doa kita. Berdoalah dengan perasaan takut tidak akan dikabulkan, namun yakin bahwa Allah akan mengabulkannya.

“ dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka jawablah, bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintahku dan hendaklah mereka beriman kepadaku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah186)

Jadi jangan takut doa kita tidak di dengar oleh Allah SWT, karena tidak ada doa yang tidak diteriam,semua hanya soal waktunya saja. Dan Allah maha tahu semua itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar