Sabtu, 08 Mei 2010

Pentingnya air untuk kehidupan

Seluruh bagian tubuh manusia selalu membutuhkan air dalam segala aktivitasnya termasuk saat tidur. Pada manusia dewasa sekitar 60%-70% tubuhnya terdiri dari air. Pada bayi dan anak-anak, persentase cairan tubuhnya lebih tinggi dari dewasa. Pada janin, lebih dari 90% tubuhnya terdiri dari air. Otak terdiri dari 80% air, otot terdiri dari 75% air, darah mengandung 85% air, sel-sel tubuh terdiri dari 90% air. Semua system di dalam tubuh kita bergantung kepada air.

Namun tubuh kita tidak dapat memproduksi air dengan sendirinya. Melainkan ia membutuhkan air dari luar tubuh, jumlah yang di konsumsi setiap hari antara lain sebanyak 9 gelas. Air yang sehat adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berrasa.

Apabila seseorang kekurangan asupan air, maka akan berdampak buruk pada tubuhnya, ia akan mengalami dehidrasi. Akibatnya dapat membuat stamina menjadi turun, kemampuan untuk berfikir juga menurun, dan meningkatkan resiko penyakit seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Tanda-tanda orang yang mengalami dehidrasi adalah sebagai berikut :

1. Selalu merasa haus

2. Jumlah keringat yang dikeluarkan sedikit

3. Air seni berwarna pekat dan sedikit

4. Mulut kering

5. Tubuh lemas

6. Kulit kehilangan kekenyalannya

Jangan anggap sepele dehidrasi, karena dapat memicu kerusakan pada otak. Minumlah air yang cukup, apalagi saat cuaca panas seperti saat ini. Tubuh akan sangat membutuhkan air untuk menyeimbangkan fungsi organ-organ di dalam tubuh kita. Sayangilah dan jagalah apa yang telah Allah berikan untuk kita sebagai wujud dari rasa syukur kita kepada-Nya.

Sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar