Rabu, 26 Mei 2010

Dampak Negatif Tayangan Televisi bagi Anak

Pengaruh televisi sangat banyak sekali bagi manusia terutama anak, namun kita sebagai orang tua seharusnya lebih cermat lagi dalam mengawasi tayangan yang di tonton oleh buah hati kita, karena tidak selamanya tayangan yang diputar di TV memberikan dampak yang positif untuk anak-anak. Memang TV dapat memberikan pengaruh baik, itupun tergantung dari materi apa yang di tayangkan, melalui TV juga dapat menjadi sarana pendidikan bagi anak. Namun saat ini sajian yang di tayangkan kurang mendidik.

Contohnya saja berita-berita yang tidak jauh dari criminal, pembunuhan, narkoba, mencuri, dan lain sebagainya. Apabila orang tua tidak mengawasi anak mereka, bisa saja mereka mencontoh apa yang mereka lihat tersebut. Ada pula tayangan-tayangan lainnya seperti sinetron, yang juga tidak baik untuk di tonton oleh anak-anak.

Menurut penelitian yang dilakukan ,justru tindak kriminal yang banyak dilakukan oleh anak-anak terpacu dari menonton tayangan televisi , entah itu berita atau tayangan lainnya. Ada pula kasus anak meninggal oleh teman satu kelasnyanya karena meniru adegan acara televisi yang menayangkan olah raga gulat (smack down).

Hal tersebut seharusnya lebih memacu para orang tua dalam mengawasi dan memberikan pengarahan kepada anak-anak mereka terhadap apa yang mereka saksikan. Karena apabila orang tua lengah akan hal tersebut, akan berdampak buruk bagi jiwa(psikologis) anak mereka. Cobalah untuk lebih teliti dalam menyajikan tontonan untuk buah hati anda. Jangan menganggap hal ini sepele, karena pertumbuhan jiwa anak-anak masih sangat labil dan mudah terpengaruh oleh apa yang mereka saksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar