Rabu, 19 Mei 2010

Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Saat ini yoga menjadi salah satu alternative pilihan olahraga yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat dari yoga bagi tubuh adalah:

Kekuatan

Beberapa dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan yang lain. Gaya ini akan membantu meningkatkan otot. Gaya yoga yang lain seperti lyengar yoga yang hanya berfokus pada sedikit gerakan dfan pengaturan posisi yang lebih tepat dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Dan beberapa gerakan lainnya yang penting bagi usia tertentu.

Fleksibilitas

Salah satu bagian yoga yang disebut sebagai asanas yang bekerja secara aman untuk stretching otot. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan,serta kelelahan. Selain itu yoga juga dapat meningkatkan berbagai gerakan sendi dan meningkatkan lubrikasi pada sendi. Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi untuk seluruh sel-sel tubuh.

Pernafasan

Dengan melakukan yoga maka akan meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga dapat melancarkan pernafasan. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan penampilan kita. Sebagian besar gaya yoga menekankan pada dalam dan panjangnya nafas kita. Ini pun dapat merangsang respons relaksasi yang akan berlawanan dengan peningkatan respons dari stress.

Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat yoga adalah dapat meminimalisasi penyakit jantung. Yoga telah lama dikenal untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat denyut jantung sehingga dapat berpengaruh pada orang yang mengalami hipertensi,stroke dan berpenyakit jantung.

Membuat konsentrasi jadi lebih baik

Manfaat yoga yang di peroleh adalah adanya peningkatan aliran oksigen ke otak sehingga dapat membuat konsentrasi dan mood menjadi lebih baik.

Mengurangi stress

Beberapa gaya yoga menggunakan teknik meditasi khusus untuk membuat pikiran yang sering stress agar menjadi lebih tenang.

Sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar