Rabu, 26 Mei 2010

Aman Dalam ber Facebook

Facebook. Mendengar kata itu rasanya sudah tidak asing lagi di telinga. Facebook adalah salah satu sarana komunikasi yang sedang naik daun di dunia maya. Dengan facebook kita dapat bertemu dengan teman-teman lama, atau mungkin menjalin sebuah pertemanan dengan orang yang baru kita kenal. Namun penggunaan facebook harus diperhatikan, salah-salah facebook bisa digunakan sebagai sarana aktivitas yang negatif.

Contoh saja seperti banyak nya kasus-kasus penculikan remaja putri yang dilakukan oleh orang baru yang dikenalnya lewat facebook. Ada pula kasus perdagangan wanita yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab , ia mencari mangsanya lewat facebook.

Tapi tidak di tampik pula akan sisi positif bagi para pengguna facebook. Mereka dapat bersilaturahmi dengan teman-teman, keluarga jauh, atau bertukar informasi dengan sesame pengguna facebook.Ada pula yang menggunakan facebook sebagai sarana jual-beli. Ya, mereka memasarkan produk-produk mereka melalui facebook. Semakin kreatif bukan? Kita dapat menjalani usaha melalui media facebook.

Menggunakan media maya boleh, namaun ingat. Kita harus tetap berhati-hati dan waspada akan bahaya yang dapat mengancam siapa saja dan kapan saja. Berikut ada beberapa tipas aman dalam menggunakan facebook:

1. Jangan mudah percaya dengan bujukan orang yang baru dikenal

2. Jangan terlalu detail dalam memberikan data pribadi.

3. Tidak perlu menuliskan status yang berlebihan

4. Jangan memberikan data pribadi kepada orang yang baru dikenal.

5. Jangan menampilkan foto dengan gaya atau pakaian yang terlalu vulgar dan dapat memancing perhatian orang lain

Semoga dapat bermanfaat dan kita dapat lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan facebook atau jejaring social lainnya di dunia maya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar