Sabtu, 08 Mei 2010

Sedekah Pohon

Seorang kakek yang bertubuh renta berjuang untuk mendorong masuk biji kurma kedalam tanah yang telah digemburkan. Seseorang melihatnya dan bertanya, “ untuk apa menanam pohon kurma itu? Bukankah kau belum tentu dapat menikmati hasil buahnya?” si kakek menjawab” memang benar, tapi bukankah buah kurma yang kita nikmati saat ini juga merupakan hasil tanam orang-orang terdahulu?”

Si penanya tersenyum. Si kakek menanam pohon bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk generasi penerusnya. Menanam pohon baginya adalah sedekah untuk orang lain. Rasullulah pernah berkata ”barangsiapa di antara orang islam yang menanam tanaman , maka hasil tanamannya yang dimakan akan menjadi sedekah nya dan hasil tanaman yang dicuri akan menjadi sedekahnya. Dan tidaklah seorang pun mendermakan tanamannya maka akan menjadi sedekahnya sampai hari kiamat.”

Sungguh banyak cara untuk bersedekah , salah satunya adalah dengan menanam pohon seperti yang dilakukan kake tersebut. Hal ini lebih baik sekali, karena selain bersedekah kita juga dapat menjaga lingkungan kita. Dan dapat di tanamkan dimanapun. Di lingkungan kita sendiri, dirumah orang yang tidak mampu, di pesantren, sekolah ,dll. Maka dari itu, mulailah dari diri kita untuk membiasakan bersedekah apapun bentuknya.

Sumber: alia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar