Senin, 03 Mei 2010

Tempat Shalat yang Utama Bagi Wanita

Shalat adalah ibadah paling utama dimata Allah karena hal pertama yang akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT adalah shalat,jika shalatnya diterima maka diterima pula amal yang lainnya. Shalat yang utama bagi laki-laki adalah berjamaah di masjid, namun bagaimana dengan wanita? Rasullulah SAW pernah menjelaskan dalam hadistnya “janganlah kamu melarang istri-istrimu pergi ke masjid, sekalipun rumah mereka lebih baik bagi mereka.”

Cukup banyak riwayat-riwayat yang menjelaskan bahwa wanita tidak dilarang untuk shalat dimasjid, namun tidak menggunakan wewangian. Hal tersebut dilarang karena akan menganggu jamaah yang khususnya laki-laki yang bukan muhrimnya. Namun, jika ada seseorang yang bertanya tentang keutamaan tempat shalat bagi wanita, maka sebaiknya wanita shalat dirumah saja.

Lebih baik lagi bagi para wanita untuk melaksanakan shalat didalam kamarnya daripada didalam rumahnya, hal tersebut telah dijelaskan didalam hadist. Jadi sangat jelas sekali bahwa wanita lebih utama mengerjakan shalat didalam rumahnya daripada si masjid, tetapi shalat wanita yang dilakukan ditempat yang tersembunyi dan ada didalam rumahnya itu jauh lebih utama daripada dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar