Rabu, 19 Mei 2010

Manfaat Buah Kurma

Buah kurma sebenarnya tidak hanya cocok dikonsumsi pada bulan puasa saja, karena buah ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Berikut ini beberapa khasiat dari buah kurma:

1. Tamr(kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim.

2. Ruthab (kurma basah) mencegah pendarahan bagi perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti semula. Hal ini karena kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses melahirkan.

3. Buah kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui kelenjar gondok serta dapat mencegah stroke.

4. Buah kurma kaya akan zat garam mineral yang menetralisasi asam dalam perut . dapat mengobati gangguan usus yang kronik, dimana ketidak serasian dengan gluten. Menghalang penyerapan zat-zat makanan secara sempurna.

5. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata,, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang , kekebalan terhadap infeksi, juga banyak mengandung potassium yang diperlukan oleh badan untuk system saraf.

6. Jus kurma juga dapat menyembuhkan orang yang mengalami batuk-batuk. Karena kandungan gula di dalam kurma menghilangkan gatal-gatal di dalam kerongkongan sekaligus menyembuhkan batuk.

Sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar