Rabu, 26 Mei 2010

Mainan yang Tepat Untuk Anak Balita

Setiap anak pasti sangat suka bermain, dan bermain sangatlah penting bagi anak-anak. Selain bermain, mereka pun belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan, belajar dengan apa yang ia mainkan sangatlah penting. Karena anak-anak tidak hanya bermain saja, namun juga mendapatkan unsure-unsur pendidikan pada mainan tersebut.

Para orang tua harus dapat memberikan anak-anak mereka dengan permainan yang dapat menstimulasikan kerja otak mereka dengan baik. Terutama bagi balita, karena pada usia tiga tahun pertama merupakan periode emas bagi perkembangan otak anak. Pada masa ini anak membutuhkan banyak stimulasi agar hubungan antar syaraf akan semakin baik, dan anak akan menjadi semakin cerdas. Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para orang tua dalam memilihkan mainan untuk anak-anak mereka :

1. Mainan memiliki unsure edukatif yang dapat merangsang kemampuan anak

2. Mainan dapat mendorong anak agar berkemampuan untuk memecahkan masalah

3. Mainan memiliki banyak fungsi

4. Mainan dapat melatih ketelitian dan ketekunan anak

5. Mainan dapat melatih kreativitas anak, agar anak menjadi semakin kreatif.

Maka dari itu bagi para orang tua, agar tidak sembarangan memberikan mainan untuk anak-anak mereka. Dan jangan lupa untuk mendidik mereka dengan baik, tidak perlu untuk memasukan anak-anak kepada sekolah-sekolah balita atau batita. Karena sesungguhnya pendidikan dasar yang terpenting untuk anak –anak kita berasal dari bagaimana keluarga mendidik mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar