Rabu, 19 Mei 2010

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global yang biasa kita sebut dengan global warming sudah sangat banyak memberikan dampak buruk bagi dunia terutama lingkungan kita. Mengapa dapat terjadi? Tidak lain adalah karena ulah tangan-tangan manusia itu sendiri. Banyaknya penebangan liar pada hutan-hutan menyebabkan rusaknya ekosistem, dimana hutan yang seharusnya menjadi daerah resapan air saat ini mulai berkurang fungsinya. Dimana pepohonan yang dapat membantu menghasilkan oksigen, kini sudah mulai berkurang.

Belum lagi ditambah dengan sampah-sampah yang ada, terutama dengan sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah dalam jangka waktu yang singkat. Es yang ada di kutub utara pun kian lama kian mencair perlahan. Bahkan 24 pulau-pulau kecil di Indonesia hilang karena permukaan air laut yang meningkat.

Lapisan es yang semula terhampar luas di puncak gunung Himalaya kini tak tampak lagi, suhu bumi yang kian meningkat sudah sangat terasa saat ini. Belum lagi dengan adanya siklus 11tahunan yang di alami matahari, tentu akan menambah peningkatan suhu bumi. Karena menurut informasi yang ada, badai matahari yang akan terjadi pada tahun 2013 nanti akan 66.000 kali lebih dahsyat dari bom yang jatuh pada Nagasaki dan Hiroshima.

Bagaimanakah kita dapat mengatasi pemanasan global tersebut agar tidak berlarut-larut… dimanakah kesadaran kita sebagai penghuni bumi? Dimana lagi kita dapat tinggal selain di bumi ini.. cobalah untuk sedikit peka terhadap lingkungan kita, menanam pohon di halaman atau mengurangi pemakaian plastik sudah cukup membantu dalam mengatasi pemanasan global. Hanya saja terkadang di dalam diri kita masih kurang menyadari akibat yang terjadi suatu saat nanti karena kelalaian kita sebagai manusia.

Cobalah kita ciptakan suasana nyaman, lingkungan yang baik untuk generasi-generasi depan kita nanti. Karena mereka juga butuh untuk melangsungkan hidup yang baik. Karena apa yang akan dijalani oleh generasi kita nanti, itu sangat terhantung dengan apa yang kita lakukan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar